Home » » Perbedaan WordPress dan Blogger

Perbedaan WordPress dan Blogger

Written By Satriyo Arif on Selasa, 24 Januari 2012 | 00.01


Sebenarnya wordpress dan blogspot itu sama saja. Sama-sama platform gratis yang memungkinkan kita membangun blog dan menampilkan hasil karya kita berupa tulisan artikel, foto, mp3 dll. di internet. Namun, keduanya tetap memiliki banyak perbedaan.

WordPress
Kelebihannya adalah pada umumnya ukuran berat blog wordpress lebih kecil. Dan bila di akses dengan ponsel akan terasa ringannya. Tampilannya juga di sesuaikan dengan ponsel yakni cukup satu baris memanjang kebawah yang di susun dari sebelah kiri kemudian sidebar sebelah kanan. Selain itu, seperti blogspot, wordpress.org juga mengijinkan kita untuk memodifikasi tampilan atau script pada blog. Tapi sayang wordpress.com tidak diijinkan. Wordpres.org juga menyediakan banyak sekali plugin yang boleh di install untuk mempercantik blog atau untuk optimasi SEO.  WordPress.com juga tidak diijinkan. Kepemilikan wordpress.org permanen. Tidak akan ada yang menutup akun Anda selain Anda sendiri.
Sedangkan kekurangan WordPress antara lain, untuk menggunakan wordpress.org Anda harus mengeluarkan sedikit biaya  untuk membeli domain dan hosting. Lainnya, untuk wordpress.com kekurangannya hampir sama dengan blogspot, yakni kepemilikan blog tidak permanen.  WordPress.com juga tidak mengijinkan Anda memasukkan script iklan, bisa-bisa blog Anda di suspend. Tema yang tersedia untuk wordpress.com tidak terlalu banyak dan Anda tidak bisa mengnstal sendiri tema yang Anda download dari internet.

Blogger
Kelebihannya, lebih seo friendly (mungkin karena blogspot milik google), memiliki template yang sangat banyak dan cukup variatif, mengijinkan kita memodifikasi script untuk tampilan blog , baik pada postingan maupun sidebar. Termasuk menyisipkan iklan atau widget di segala tempat.
Sedangkan kkurangannya, kepemilikan blog tidak permanen. Dengan kata lain, bisa saja pihak blogspot menutup akun blog kita, atau karena ada sesuatu yang melanggar ketentuan. Akibatnya blog di banned.  Dari segi ukuran blogspot lebih berat di bandingkan wordpress. Apalagi jika blog di isi banyak gambar atau banner. Jika di akses melalui ponsel, misal opera mini tampilannya cukup besar. Karena kebanyakan blogspot di bangun dengan bentuk tabel. Selain repot harus bergeser ke kanan kiri atas bawah, ukurannya juga cukup banyak menelan bandwith.

Nah, berikut perbedaan antara Blogger dan WordPress :
  1. WordPress dapat mengimport postingan yang ada pada Blogger/ Blogspot, sebaliknya Blogger tidah bisa mengimport postingan yang ada pada WordPress.
  2. WordPress menyediakan form komentar yang user friendly, sedangkan Blogger cukup susah untuk memberikan sebuah komentar, tapi jika Anda bisa mensettingnya tentu saja bisa user friendly.
  3. Blogger menyediakan menu Drag Drop yang mudah untuk digunakan, sedangkan WordPress sulit Drag Drop edit element halaman.
  4. Blogger support Google Adsense yang mudah untuk kita gunakan pada Edit elemat halaman, sedangkan WordPress tidak mensupport Google Andsense, meskipun banyak yang menyediakan plugin google Adnsense.
  5. WordPress lebih unggul dalam kasus menanggulangi spam karena telah di lengkapi dengan plugin anti spam, Sedangkan Blogger dapat di lakukan dengan moderation order dari commenting systemnya.
  6. Apabila Anda telah mempunyai domain dan hosting sendiri, software WordPress telah tersedia dan siap di install di cpanel Anda. Sedangkan Blogger tidak tersedia disana. Tetapi Anda juga bisa menggunakan domain Anda dan hosting pada Blogger.

Rating: 4.5
Kontak Kami:
Jl. pemuda no. 4A (kawasan PKL stempel Kantor Pos Johar Semarang)
Phone : 085641156748
024 40256748
Pin BB : 311DAEE5

4 komentar :

  1. nice info sob :D
    salam kenal

    http://wongzo.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. joss salam kenal

    nwditcenter.wordpress.com

    BalasHapus
  3. Salam kenal. Tulisan yang bagus dan lengkap. Trims infonya, sangat bermanfaat.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus

Berita Terbaru :

 
Support : Stempel Semarang | Master Trik Blog | Belajar SEO
Copyright © 2013. Blog Tutorial Bojonegoro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger