Home » » Membuat Rich Snippets Di Blogger/blogspot

Membuat Rich Snippets Di Blogger/blogspot

Written By Satriyo Arif on Sabtu, 21 Januari 2012 | 19.10

Membuat Rich Snippets Di Blog - Membuat Artikel Muncul Bintang di Google Search
Mau Buat Blog Kamu muncul Rich Snippet?. Saya akan bagikan cara singkat bagaimana membuat rich snippet untukblogspot atau blogger. Langkahnya seperti dibawah ini:
1. Buatlah terlebih dahulu akun Google+ kalau sudah punya, silahkan buat juga halaman Google+. Contoh halaman Google+ bisa cek ke Satriyo Site Google+.

2. Halaman Google+ dianggap sudah ada dan siap digunakan untuk keperluan Rich Snippets. Rich Snippet sendiri adalah suatu proses menghubungkan profil Google+ ke blog, agar di hasil pencarian Google, author blog dimunculkan dan beberapa fitur lain seperti rating dan deskripsi dari blog.

3.Selanjutnya kita akan menghubung halaman Google+ dengan blog yaitu dengan menempatkan kode dibawah ini di halaman edit html blog tepat di bagian header.

<!-- Tempatkan tag ini di bagian Bawah Kode <head> Blog Anda -->
<link href="https://plus.google.com/114756784528254417781" rel="publisher" /><script type="text/javascript"> window.___gcfg = {lang: 'id'}; (function() {var po = document.createElement("script"); po.type = "text/javascript"; po.async = true;po.src = "https://apis.google.com/js/plusone.js"; var s = document.getElementsByTagName("script")[0]; s.parentNode.insertBefore(po, s); })();</script>

Ganti tulisan warna putih dengan id halaman google+ kamu, dan tulisan berwarna orange sesuaikan bahasa untuk blog kamu dalam bahasa di atas Saya menggunakan 'id' yaitu bahasa indonesia. Untuk melihat pengaturan lengkap tentang kode ini, kamu bisa berkunjung ke sini https://developers.google.com/+/plugins/badge/config?pageId=
4. Setelah kode berhasil diterapkan di blog, selanjutnya kita akan mengecek apakah blog sudah terverifikasi di Rich Snippets. Untuk itu silahkan berkunjung ke halaman rich snippets tool. Masukkan salah satu link post di blog, dan perhatikan apakah publisher statusnya sudah verified atau belum. Seperti gambar dibawah. 


Jika status sudah verified, sekarang saatnya untuk memasukkan kode-kode Rich Snippets ke html blog seperti Judul, Deskripsi, Reviews dan Rating.
1. Kode dasar Rich Snippets, yaitu suatu div yang meng-cover body blog, sebagai tanda bahwa blog kita adalah blog review untuk Rich Snippet
tambah kode berikut tepat setelah kode <body> : <div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'> ,
Dan kode : </div></div> , tambahkan tepat sebelum kode </body> .
Contohnya seperti dibawah ini :
<body>
<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
--------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------
</div></div>
</body>

2. Kode untuk Reviewer atau author atau penulis, ini akan nampak pada hasil pencarian Google.
copy kode : <span itemprop='reviewer'>SatriyoSite</span>, sisipkan  diantara tag
<data:post.author/> Paste Di Sini<span>. sehingga nanti akan menjadi seperti ini <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span>
maka nama author di blog contohnya SatriyoSite, akan tampil sebagai nama reviewer.

3. Kode untuk Title atau Judul postingan
Contoh kode : <span itemprop='itemreviewed'><Tag Judul Posting></span> , Judul posting disini yang dimaksud adalah tag h1 atau h2 (tergantung judul post Blog kamu menggunakan tag h1 atau h2) dalam html blog yang menunjukkan judul dari postingan. Sehingga setelah kode diterapkan akan menjadi seperti ini.

<span itemprop='itemreviewed'>
<h1 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h1>
</span>
Dalam kasus diatas Saya menggunakan tag h1 untuk judul posting (tag h1 dicap sebagai tag judul ramah seo). Mungkin untuk template blog lain menggunakan tag h2 , silahkan sesuaikan saja.

4. Untuk Deskripsi dan Rating Rich Snippets, Saya rekomendasi untuk membuatnya secara manual (diterapkan pada single postingan). Artinya setiap posting artikel baru, ikutkan kode rich snippets untuk merekam Deskripsi dan Rating tulisan atau postingan.
Kode untuk Deskripsi Rich Snippets:
<span itemprop='description'>Deskripsi Tulisan</span>
kode untuk rating Sisipkan Di Paling Bawah Posting:
Rating: <span itemprop='rating'>jumlah rating/Bintang</span>

Untuk deskripsi Saya biasanya sisipkan di awal postingan, contoh untuk Artikel Konten Lokal saya menggunakan kode deskripsi seperti dibawah ini:
<span itemprop='description'>Mungkin  kalimat ini sudah tidak asing lagi Karena setahu saya selama ini tidak  sedikit dari kita yang masih belum cinta dengan buatan anak bangsa  sendiri. contoh diatas, kita tidak perlu ditulis/mengkopy deskrispinya cukup sisipkan kode <span itemprop="description"> pada paragraf di blog yang bagus untuk dijadikan deskripsi dan tutup dengan tag </span>.

Untuk rating silahkan simpan di akhir postingan, cukup mengkopy kode di atas. Jumlah rating dari 1-5 bintang. Contoh untuk
Artikel Konten Lokal saya berikan rating 4.5 bintang , sehingga kodenya Rating: <span itemprop='rating'>4.5</span> .pasang diakhir postingan.

Untuk memudahkan dalam pengaplikasin kode deskripsi dan rating, silahkan masukkan kode dibawah ini ke template blog (akan otomatis muncul setiap melalukan postingan baru) masuk di settings - posts and comments.

<span itemprop="description">


</span>
Rating: <span itemprop="rating">4.5</span>

Contoh penerapan dalam Blog Master Trik ini

Untuk postingan lama, silahkan edit dan masukkan deskripsi dan rating sendiri-sendiri. Untuk Rating sendiri, bisa dibedakan setiap postingan, agar tampak memiliki nilai seni dan berkharisma, jangan mentok pada rating 5 bintang, usahakan bervariasi-lah.
Rating: 4.5
Kontak Kami:
Jl. pemuda no. 4A (kawasan PKL stempel Kantor Pos Johar Semarang)
Phone : 085641156748
024 40256748
Pin BB : 311DAEE5

4 komentar :

  1. kok blog ane gak muncul2 ya gan bintangnya ??

    BalasHapus
  2. Di tunggu ya,
    biasanya di postingan baru coba sobat buat postingan baru

    BalasHapus
  3. gan Arif, kalo template yang ga ada kode body trus gmn tuh, maklum newbie neh, salam dr kota gudeg

    BalasHapus
  4. Di CAri Saja Kode yang ada <body blabla.....
    Pake CTRL + F trus masukan Tulisan <body lalu klik Next cari kodenya

    BalasHapus

Berita Terbaru :

 
Support : Stempel Semarang | Master Trik Blog | Belajar SEO
Copyright © 2013. Blog Tutorial Bojonegoro - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger